ads
Ternak Kepiting Di Kolam Terpal Sebagai Peluang Usaha yang Menarik

Ternak Kepiting Di Kolam Terpal Sebagai Peluang Usaha yang Menarik

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Jakarta - Cara ternak kepiting yang sederhana di kolam terpal jadi satu alternatif di mana bisa menawarkan keuntungan bagi pelakunya. Budidaya dan ternak kepiting yang permintaannya tinggi dapat dilakukan para petani lewat air tawar di kolam sebagai salah satu inovasi.

Kebutuhan inovasi dan proses ternak yang modern diperlukan untuk meningkatkan hasil produksi dan menekan biaya. Sebagai satu pilihan inovasi yang dapat menguntungkan, perlu adanya pemahaman yang tepat terhadap cara ternak dari hewat kepiting di dalam kolam.

Cara Ternak Kepiting Air Tawar Di Dalam Kolam Terpal

Kepiting merupakan hewat yang sebenarnya dapat hidup di berbagai jenis air baik itu laut maupun tawar. Pilihan untuk ternak kepiting bisa menjadi alternatif bagi para peternak yang tempatnya jauh dari laut. Untuk dapat melakukan ternak kepiting dengan terpal, ada beberapa hal penting dan tahapan yang perlu diperhatikan dengan benar lewat penjelasan berikut ini.

1. Tentukan Lokasi yang Akan Digunakan Sebagai Tempat Ternak

Langkah penting pertama yang sebaiknya diperhatikan dalam proses ternak kepiting adalah menentukan lokasinya. Untuk kebutuhan ternak kepiting, lokasi yang digunakan sebaiknya luas dan jauh dari bencana alam. Lokasi juga harus dari sumber air seperti air sumur yang bisa digunakan sebagai media hidup kepiting penganti air laut.

2. Pahami Pengelolaan Kolam Budidaya Kepiting dengan Baik

Langkah kedua dalam proses atau cara ternak kepiting menggunakan kolam terpal adalah memahami pengelolaan budidayanya. Perhatikan habitat kepiting yang diternak dengan baik karena sangat sensitif terhadap perubahan. Pastikkan kondisi air dan lingkungan tetap bersih agar kepiting tidak mencoba keluar dari kolam. Gunakan waring untuk mencegah kepiting keluar dari kolam.

3. Tebar Bibit Kepiting yang Berkualitas

Cara ketiga dalam proses ternak kepiting di kolam terpal adalah menebar bibit kepiting yang berkualitas. Ada beberapa ciri bibit yang perlu diperhatikan memiliki kualitas terbaik seperti tidak adanya cacat fisik, kepiting gesit dan melawan saat ditangkap, berusia matang. Perhatikan kepadatan kolam saat penebaran bibit dimana perhitungannya 5.000 – 15.000 ekor per hektar tergantung berat bibit.

4. Gunakan Pakan yang Tepat Selama Proses Penggemukan

Setelah pembibitan maka yang perlu dilakukan untuk proses ternak adalah membesarkan dan menggemukkan kepiting. Proses penggemukan tersebut sangat tergantung dari pakannya. Gunakan beberapa pakan kepiting seperti bekicot, keong sawan, kulit ayam, dan ikan curah. Gunakan suplemen makanan untuk membantu proses penggemukan.

Karakteristik Kepiting yang Perlu Anda Perhatikan dalam Proses Ternak

Kepiting merupakan hewan yang dapat dihidup di dua alam baik perairan maupun darah. Secara bentuk, kepiting memiliki tubuh yang sangat khas dengan dua capitnya. Kepiting termasuk hewan konsumtif yang mahal harganya karena daging lewat di dalam tubuhnya sangat sedikit.

Persiapan Kandang Kepiting dalam Proses Ternak

Kandang kepiting untuk perawatan dan budidayanya dapat berupa hamparan tanah tambak yang memiliki air di dalamnya. Ukurang kandang kepiting sangat bergantung pada jumlah yang akan dirawat atau dibudidayakan. Untuk pemula kandang ukuran 4 x 1 meter mungkin sudah mencukupi.

Estimasi Biaya Pembutan Kandang Kepiting

Perkiraan Total Biaya pembuatan kandang Kepiting adalah Rp 630rb Berikut ini rinciannya.

No.

Alat

Harga

1.

Kayu gedeg

8 x 45rb/pcs = 360rb

2.

Terpal

150rb

3.

Bambu

8 x 15rb/pcs = 120rb

Daftar Pakan Kepiting Serta Estimasi Harganya

  • Pelet pakan kepiting curah 1 kg Rp. 10.000
  • Keong Sawah 1 Kg Rp. 15.000
  • Ikan 1 Kg Rp. 15.000

Dengan cara ternak yang disebutkan di atas, peternak dapat menghasilkan kepiting berkualitas dalam waktu singkat. Proses dan cara ternak kepiting di kolam terpal tersebut jadi satu inovasi yang dapat diikuti para petenak demi hasil maksimal.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads